Membuat Daftar Gambar dan Daftar Tabel di Microsoft Word 2010


Ketemu lagi sama saya nih. Pada tulisan sebelumnya saya menulis tentang cara membuat page number pada makalah biar ga ribet dan membuat daftar isi otomatis. Nah, di tulisan saya kali ini juga akan membahas tips dan trik di Ms. Word. Yang akan saya bahas adalah cara membuat daftar gambar dan daftar tabel. Versi Ms. Word yang saya gunakan kali ini adalah Microsoft Word 2010. Langsung aja kita mulai.

Pertama, kita buka dulu program Wordnya dengan cara Klik tombol [Windows Start] > [All Programs] > [Microsoft Office] > [Microsoft Word 2010]. Sebelum membuat daftar gambar dan tabel, terlebih dahulu kita memberikan caption pada gambar dan tabel tersebut.

Membuat Caption pada Gambar

  1. Masukkan gambar melalui [Insert] > [Picture].


  2. Pilih gambar yang diinginkan.


  3. Klik gambar kemudian masukkan caption melalui [References] > [Insert Caption].


  4. Lalu akan muncul kotak dialog Caption. Pilih Labelnya sesuai yang diinginkan (defaultnya Equation, Figure, dan Table).


  5. Jika ingin membuat label sendiri (misal Gambar, Tabel atau yang lainnya), maka tinggal klik tombol [New Label] dan ketikkan label yang diinginkan, misal Gambar.


  6. Ketikkan nama gambarnya dan tentukan posisinya (pilihannya Above selected Item dan Below selected Item). Lalu klik [OK].


  7. Gambar yang dimasukkan tadi sudah mempunyai Caption.


Membuat Caption pada Tabel

  1. Buat sebuah tabel melalui [Insert] > [Table].


  2. Seleksi/blok tabel yang sudah dibuat, kemudian buat captionnya. Caranya sama dengan caption pada Gambar. Buat label baru dengan nama Tabel.


  3. Ketikkan nama Tabelnya dan tentukan posisinya (defaultnya Above selected Item).


  4. Tabel kini telah memiliki Caption.


Cara membuat Captionnya uda selesai. Nah, sekarang kita tinggal membuat daftar gambar dan daftar tabelnya. Cara membuatnya hampir sama dengan cara membuat daftar isi. Lebih jelasnya kita simak caranya berikut ini.

Membuat Daftar Gambar

  1. Untuk memasukkan daftar gambar, [References] > [Insert Table of Figures].


  2. Pilih Gambar pada Caption Label. (label gambar merupakan label yang telah kita buat tadi)


  3. Daftar gambar telah selesai dibuat.


Membuat Daftar Tabel

  1. Caranya sama dengan membuat daftar gambar, hanya mengganti Caption Labelnya menjadi Tabel. (label tabel merupakan label yang telah kita buat tadi)


  2. Daftar tabel telah selesai dibuat.

About these ads

About Mohamad Tri Ramdhani

Aku lahir dari keluarga kecil yang bahagia. Aku anak bungsu dan laki-laki satu-satunya. Aku punya seorang kakak perempuan, sekarang dia uda kerja. Aku hingga kini masih kuliah di Program Studi Ilmu Komputer FPMIPA UPI, Bandung.

Posted on December 30, 2010, in Inspirasi, Tutorial and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 13 Comments.

  1. mas.. saya mau tanya kalau misalkan mau membuat nomor tabel/gambar baru pada file yang sama bagaimana caranya?

    misalkan:
    Gambar 1.1
    Gambar 1.2

    lalu saya ingin membuat nomor gambar selanjutnya dengan nama
    Gambar 2.1
    Gambar 2.2

    seperti itu bisa tidak?

    terima kasih sebelumnya…

    • Secara default, ketika kita ‘Insert Caption’ di gambar selanjutnya, akan otomatis increment dari gambar sebelumnya.
      Untuk masalah mas Rendi triknya adalah pada gambar pertama, bikin New Label dengan nama ‘Gambar 1.’, nanti akan muncul caption dengan nama ‘Gambar 1.1′, ketika membuat caption pada gambar kedua, pilih label yang sama, yaitu ‘Gambar 1.’ nanti caption yang muncul ‘Gambar 1.2′.
      Lalu untuk gambar ketiga, bikin New Label lagi, kali ini dengan nama ‘Gambar 2.’, nanti akan muncul caption ‘Gambar 2.1′, begitu seterusnya.
      Silakan dicoba Triknya. Semoga berhasil. Jika masih ada pertanyaan silakan bertanya kembali. :)

  2. Ikut menyambung pertanyaan mas rendi,

    Masalahnya adalah bagaimana kita membuat daftar gambarnya supaya bisa dapat dilakukan dalam satu tahap? (karena label dari gambar-gambar tersebut berbeda sehingga tidak dapat disusun daftar gambar)
    Ada nggak ya, solusinya dalam meng-insert caption tadi dapat secara otomatis menghasilkan daftar gambar untuk keseluruhan bab?

    Terima kasih

    • Untuk menampilkan daftar gambar silahkan gunakan fasilitas di “Insert Table of Figures”, pilih Caption Label yang ingin ditampilkan. Contoh: kita telah memiliki Caption dengan beberapa label, Gambar 1. (untuk bab 1), Gambar 2. (untuk bab 2), dst. maka lakukan berulang kali “Insert Table of Figures” untuk setiap label. Selamat mencoba, semoga membantu. Jika masih ada pertanyaan silahkan ajukan saja kembali. :)

      • ok..sip mas..trik seperti itu juga bisa, namun kita harus berkali-kali meng-‘insert tabel of figures’.

        Saya mencoba mengutak atik jika kita membuat numbering secara hidden di judul bab (misal judul bab II diberi numbering ‘2’ pada multilevel list, pada bab III juga sama diberi numbering ‘3’ dst) maka saat kita meng-insert caption akan keluar Gambar 2.x (contoh). Jadi pada saat meng-‘insert tabel of figures’, dan memilih ‘Gambar’, akan keluar daftar gambar secara keseluruhan.

        Terima kasih. :)

      • yap.. apapun caranya yang penting tujuannya tercapai, sesuai dengan yang diinginkan.. :)

  3. makasih mas sangat membantu buat bikin skripsi saya :)

  4. makasih atas ilmunya = )

  5. wah bagus nih artikelnya. makasih udah sharing

  1. Pingback: Membuat Daftar Pustaka di Microsoft Word 2010 « Mari Berbagi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: