Road to Final FIFA World Cup 2010 South Africa


Tak terasa Piala Dunia 2010 sudah memasuki babak akhir. Pada babak Final ini terjadi ‘All European Final’ dan dua tim yang akan saling mengalahkan adalah Tim Oranye, Belanda dan Tim Matador, Spanyol. Tentunya akan sangat menarik untuk disaksikan melihat Belanda dan Spanyol adalah tim besar Eropa yang belum pernah sekalipun meraih gelar bergengsi Piala Dunia. Piala Dunia 2010 juga akan menorehkan sejarah, yaitu akan ada juara baru artinya negara yang akan menjadi juara pada Piala Dunia 2010 ini, baik Belanda maupun Spanyol adalah negara ke-8 yang berhasil meraih Trofi Piala Dunia. Dan untuk pertama kalinya juga tim dari Eropa menjadi juara dunia di luar Eropa.

Prestasi terbaik Belanda adalah lolos di babak Final pada Piala Dunia 1974 dan 1978. Namun, mereka gagal meraih gelar juara setelah dikalahkan Jerman Barat 2-1 pada Piala Dunia 1974 dan Argentina 3-1 pada Piala Dunia 1978. Setelah era Johan Cruijff pada Piala Dunia 1978, Belanda tidak pernah masuk babak Final lagi. Prestasi terbaik setelah itu adalah menjadi peringkat ke 4 pada Piala Dunia 1998 di Perancis. Mereka dianggap menampilkan permainan menyerang yang menarik dan pantas untuk juara, namun gagal juara hingga dijuluki sebagai tim ‘Juara tanpa Mahkota’. Hingga saat ini, Belanda belum meraih gelar juara Piala Dunia satu kali pun. Oleh karena itu, mereka sangat bersemangat dan penuh motivasi pada Piala Dunia 2010 ini sekaligus ingin menghapus predikat ‘Juara tanpa Mahkota’ yang selama ini hinggap di dalam kubu Belanda.

Sedangkan lawannya, yaitu Spanyol merupakan tim Eropa yang juga belum pernah meraih trofi piala dunia. Prestasi terbaik Spanyol adalah peringkat 4 pada Piala Dunia 1950. Setelah itu, Spanyol hanya mampu mencapai babak perempat final pada Piala Dunia 1986, 1994, dan 2002. Spanyol punya motivasi tinggi di Piala Dunia 2010 ini karena ingin mencetak sejarah baru, menjadi juara dunia untuk pertama kalinya. Spanyol juga ingin mematahkan kutukan bahwa Juara Piala Eropa selalu gagal di ajang piala dunia selanjutnya. Dan Spanyol berpeluang melakukan hal itu.

Tentunya bagi dua tim ini tidak mudah memasuki babak Final. Butuh perjuangan yang keras dalam mengalahkan lawan-lawan mereka sebelumnya. Belanda merupakan salah satu dari dua tim di babak penyisihan Grup yang berhasil meraih poin sempurna 9, artinya mereka berhasil memenangkan semua pertandingan di babak ini. Pada pertandingan perdana, Belanda bertemu dengan Denmark dan berhasil menang dengan skor 2-0. Pertandingan selanjutnya saat bertemu dengan tim underdog Jepang, Belanda juga berhasil menang dengan skor tipis 1-0 berkat gol tunggal Wesley Sneijder. Berkat dua kemenangan ini, Belanda memastikan diri lolos ke babak 16 besar. Di pertandingan terakhir yang sudah tidak menentukan bagi Belanda, Belanda tetap menampilkan permainan bagus dan berhasil menang atas Kamerun dengan skor 2-1. Dengan hasil kemenangan di 3 pertandingan, Belanda menjadi pemuncak klasemen Grup E.

Pada babak 16 besar, Belanda bertemu dengan Slovakia yang secara mengejutkan berhasil menyingkirkan juara bertahan Italia pada babak penyisihan Grup. Belanda tanpa kesulitan berhasil mengatasi perlawanan Slovakia dan mengakhiri kejutan Slovakia. Belanda menang dengan skor tipis 2-1 dan bertemu dengan Brazil pada babak Perempat Final yang berhasil mengalahkan Chili dengan skor yang cukup telak 3-0. Melawan Brazil di babak Perempat Final merupakan ujian berat bagi pasukan Oranye ini. Belanda tidak diunggulkan untuk lolos ke babak Semi Final. Namun, pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Nelson Mandela Bay ini Belanda secara mengejutkan berhasil menang atas juara dunia 5 kali tersebut dengan skor 2-1 walaupun sebelumnya tertinggal terlebih dahulu oleh gol Robinho. Belanda menang berkat gol bunuh diri pemain Brazil, Felipe Melo dan gol sundulan Wesley Sneijder pada menit ke 68 yang memastikan Belanda lolos ke babak Semi Final. Pada babak Semi Final, Belanda bertemu dengan Uruguay yang menang atas Ghana 4-2 melalui drama adu penalti. Pertandingan ini berlangsung ketat dari awal kick off hingga wasit meniup peluit panjang. Namun, Dewi Fortuna lebih memihak Belanda. Akhirnya Belanda memastikan diri melangkah ke babak Final setelah mengalahkan Uruguay dengan skor 3-2.

Di babak Final, Belanda akan bertemu dengan Spanyol. Perjalanan Spanyol ke babak Final juga tidaklah mudah bahkan Spanyol pada pertandingan pertama harus tunduk di tangan Swiss dengan skor 0-1. Kutukan sepak bola terhadap juara Piala Eropa sebelumnya kembali terjadi. Sang juara menelan kekalahan pada pertandingan pertama di piala dunia. Namun, Spanyol berhasil bangkit hingga akhirnya pada 2 pertandingan selanjutnya Spanyol berhasil memenangkannya. Masing-masing lawan Honduras dengan skor 2-0 dan Chile dengan skor 2-1. Alhasil Spanyol menjadi pemuncak klasemen Grup H dengan poin 6, sama dengan Chile namun unggul selisih gol. Di babak 16 besar Spanyol berhadapan dengan Portugal yang menjadi runner-up Grup G. Pada pertandingan ini Spanyol menang berkat gol tunggal David Villa di menit ke 63.

Pada Perempat Final, Spanyol ditantang tim underdog Paraguay. Pertarungan berlangsung ketat bahkan sempat kedua tim mendapat peluang dari titik putih namun keduanya gagal mengeksekusi dengan baik. Akhirnya pada menit ke 83 David Villa kembali menjadi penyelamat Tim Matador dengan gol tunggalnya. Spanyol pun lolos ke babak Semi Final dan melawan Jerman. Di babak Semi Final ini diprediksi akan menarik mengingat Jerman adalah tim yang produktif dengan mencetak 13 gol dari 5 pertandingan sebelumnya. Namun, anti klimaks bagi Jerman. Walaupun berhasil menang telak atas Inggris 4-1 dan Argentina 4-0, Jerman takluk di tangan Spanyol dengan skor tipis 1-0. Gol Spanyol dicetak oleh Carles Puyol pada menit ke 73 memanfaatkan sepak pojok Xavi Hernandez. Spanyol akhirnya mengukir sejarah dengan lolos ke babak Final untuk pertama kalinya.

Siapakah yang akan menjadi juara dunia ?
Apakah Belanda berhasil menjadi juara untuk pertama kalinya dan menghapus predikat sebagai ‘Juara tanpa Mahkota’ ?
Atau justru lawannya, Spanyol yang akan menorehkan sejarah ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s