Preview Uruguay vs Germany


Uruguay

VS

Jerman

Stadion Nelson Mandela Bay

 

Piala Dunia 2010 kembali dimulai setelah beristirahat selama kurang lebih 2 hari. Pertandingan yang akan berlangsung adalah Uruguay yang akan melawan Jerman untuk memperebutkan tempat ketiga.

Meskipun ini hanya perebutan tempat ketiga, namun pertandingan dipastikan akan berlangsung sengit. Karena kedua tim sama-sama ingin mengobati kekecewaan setelah gagal lolos ke babak Final. Sudah kita ketahui bahwa Uruguay dan Jerman adalah dua tim yang gagal lolos ke babak Final karena dikalahkan oleh lawan-lawannya pada babak Semi Final. Uruguay dikalahkan Belanda dengan skor 2-3 dan Jerman harus mengakui ketangguhan Spanyol 0-1.

 

Head to Head

Bagi kedua tim, ini merupakan pertemuan ke delapan di semua ajang sepak bola (termasuk pertandingan persahabatan). Dan hasilnya Jerman patut berbangga hati karena berhasil memenangkan 6 laga dan 2 laga sisa berakhir imbang. Uruguay tidak pernah menang sekalipun atas Jerman. Sedangkan di ajang Piala Dunia, kedua tim sudah bertemu 3 kali dan Jerman unggul dengan 2 kemenangan dan 1 hasil imbang. Dan ini merupakan pertemuan kedua pada ajang Piala Dunia bagi kedua tim dalam memperebutkan tempat ketiga.

Pertemuan pertama ialah pada Piala Dunia 1970 di Meksiko. Pada saat itu, Jerman yang masih bernama Jerman Barat menghadapi Uruguay pada babak perebutan tempat ketiga. Hasilnya Jerman menang dengan skor 1-0.

Pada pertandingan ini pun Jerman lebih diunggulkan untuk menjadi pemenang. Dilihat dari hasil pertandingan Piala Dunia 2010 ini, penampilan Jerman sangat impresif. Mereka berhasil mengalahkan Inggris dengan skor telak 4-1 dan mempecundangi favorit juara, Argentina, 4 gol tanpa balas.

Namun, Uruguay juga patut diwaspadai. Melalui penyerangnya, Diego Forlan, Uruguay bisa melaju ke babak Semi Final. Uruguay juga pemegang juara dunia sebanyak 2 kali, hanya terpaut 1 dari Jerman yang sudah menjuarai piala dunia sebanyak 3 kali. Uruguay berambisi membalas kekalahan 40 tahun silam di ajang yang sama dan pada babak yang sama. Namun, jika Uruguay lengah sedikit saja, bukan tidak mungkin mereka akan jadi korban keganasan Jerman selanjutnya seperti halnya Inggris dan Argentina.

Rekor 5 pertemuan terakhir kedua tim

Tanggal

Skor

Ajang

13 Oktober 1993

Jerman 5-0 Uruguay

Persahabatan

20 Desember 1992

Uruguay 1-4 Jerman

Persahabatan

25 April 1990

Jerman 3-3 Uruguay

Persahabatan

04 Juni 1986

Uruguay 1-1 Jerman

Piala Dunia

08 Juni 1977

Uruguay 0-2 Jerman

Piala Dunia

 

Rekor pertemuan kedua tim

Total main    : 8 kali

Uruguay menang    : 0

Jerman menang    : 6 kali

Seri    : 2 kali

 

Pertarungan dua striker

Pertandingan kali ini pun menjadi pertarungan antara kedua bomber masing-masing. Di kubu Uruguay ada Diego Forlan yang sudah mencetak 4 gol selama Piala Dunia 2010 ini. Sedangkan di kubu Jerman ada Miroslav Klose yang berambisi menjadi pencetak gol terbanyak piala dunia, melewati rekor 15 gol yang saat ini dipegang oleh Ronaldo, striker Brasil. Klose berpeluang melakukan hal itu karena pada Piala Dunia 2010 ini dia sudah mencetak 4 gol, artinya total dia sudah mencetak 14 gol selama piala dunia yang dia jalani. Hanya tinggal 1 gol lagi dia bisa menyamai rekor Ronaldo sebagai pencetak gol terbanyak piala dunia. Dan butuh 2 gol untuk melebihi rekor gol Ronaldo sekaligus mengukuhkan diri sebagai pencetak gol terbanyak Piala Dunia sepanjang masa.

 

Kembalinya dua andalan masing-masing

Laga perebutan tempat ketiga ini akan semakin seru karena menjadi laga kembalinya dua andalan. Uruguay dapat kembali memainkan strikernya, Luiz Suarez, yang pada babak Semi Final tidak bisa bermain akibat mendapat kartu merah saat melawan Ghana pada babak Perempat Final. Sejauh ini Suarez merupakan tandem yang cocok bagi Forlan di lini depan Uruguay. Pemain Ajax Amsterdam ini telah mengoleksi 3 gol dan tak pernah absen hingga dia mendapat kertu merah.

Sedangkan Jerman siap menurunkan gelandangnya Thomas Mueller yang terkena akumulasi kartu kuning saat melawan Argentina sehingga tidak bermain pada saat Jerman dikalahkan Spanyol pada babak Semi Final. Gelandang kreatif ini telah mengoleksi 4 gol dan merupakan kandidat kuat menjadi pemain muda terbaik Piala Dunia 2010.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s