Preview Belanda vs Spanyol


 

Belanda

VS

Spanyol

 

Stadion Soccer City,Johannesburg

 

Inilah partai puncak Piala Dunia 2010 yang paling ditunggu. Dua tim terbaik dunia akan saling mengalahkan pada Final Piala Dunia 2010 South Africa. Pertandingan yang akan berlangsung di Stadion Soccer City di kota Johannesburg, Afrika Selatan ini akan mempertemukan dua negara Eropa, Belanda vs Spanyol.

Serba pertama

Bagi kedua tim, memenangkan pertandingan ini berarti merupakan kali pertama bagi masing-masing tim menjadi juara turnamen     bergengsi 4 tahunan ini. Pada Piala Dunia 2010, ini merupakan kali pertama negara Eropa dapat menjuarai Piala Dunia di luar Benua Eropa. Sejak pertama kali digelar pada 1930, Eropa hanya mampu menjadi juara jika Piala Dunia diselenggarakan di Benua Eropa. Itu pun sempat dinodai oleh Brasil yang menjuarai Piala Dunia 1958 di Swedia (Benua Eropa).

Bagi Belanda, jika juara berarti akan menjadi tim pertama yang berhasil memenangkan semua pertandingan mulai dari babak kualifikasi, penyisihan grup sampai Final dengan 15 kali kemenangan beruntun. Belanda pun berpeluang menyamai rekor Brasil pada Piala Dunia 1970 dan 2002 yang berhasil memenangkan semua pertandingan. Belanda telah dua kali masuk ke babak Final namun mereka gagal menjadi juara setelah kalah dari lawan-lawannya. Final pertama terjadi pada Piala Dunia 1974, Belanda takluk 1-2 dari tuan rumah Jerman (pada saat itu masih bernama Jerman Barat). Dan pada Final kedua tahun 1978, lagi-lagi mereka harus menelan kekalahan. Kali ini mereka harus mengakui keunggulan Argentina yang menjadi tuan rumah pada saat itu dengan skor 3-1.

Sedangkan bagi Spanyol, mencapai partai Final merupakan pancapaian tertinggi sepanjang sejarah Spanyol di Piala Dunia. Sebelumnya, mereka hanya mampu menjadi juara 4 pada Piala Dunia 1950 di Brasil. Dan jika Spanyol berhasil menjadi juara, ini berarti untuk pertama kalinya setelah 28 tahun tim Juara Piala Eropa berhasil menjadi juara pada Piala Dunia. Sebelumnya ada Jerman yang menjadi juara pada Piala Eropa 1972 dan menjadi juara pada Piala Dunia 1974 setelah mengalahkan Belanda 2-1. Spanyol juga akan menjadi tim pertama yang menjadi juara setelah kalah pada pertandingan perdana. Dan Spanyol akan menjadi tim pertama yang menjadi juara dengan pencapaian gol terendah, yaitu sementara baru mencetak 7 gol dari babak penyisihan grup hingga Semi Final.

Head to Head

Belanda dan Spanyol belum pernah sekali pun berhadapan langsung di Piala Dunia. Kedua tim hanya pernah bertemu di Kualifikasi Piala Eropa dan pertandingan persahabatan. Dari 8 kali pertemuan, Belanda selangkah lebih maju dengan 4 kemenangan, sedangkan Spanyol meraih 3 kemenangan atas Belanda. Sisa 1 pertandingan berakhir dengan hasil imbang.

Tanggal

Skor

Ajang

30 Januari 1957

Spanyol 5-1 Belanda

Persahabatan

02 Mei 1973

Belanda 3-2 Spanyol

Persahabatan

23 Januari 1980

Spanyol 1-0 Belanda

Persahabatan

16 Februari 1983

Spanyol 1-0 Belanda

Kualifikasi Piala Eropa

16 November 1983

Belanda 2-1 Spanyol

Kualifikasi Piala Eropa

21 Januari 1987

Spanyol 1-1 Belanda

Persahabatan

15 November 2000

Spanyol 1-2 Belanda

Persahabatan

27 Maret 2002

Belanda 1-0 Spanyol

Persahabatan

 

Pertemuan dua kandidat Top Skorer


Pertandingan kali ini juga akan mempertemukan dua kandidat top skorer Piala Dunia 2010. Wesley Sneijder dari kubu Belanda akan beradu ketajaman dengan David Villa, striker Spanyol. Keduanya sama-sama telah mengoleksi 5 gol dan bertengger di puncak pencetak gol terbanyak. Villa lebih diunggulkan menjadi top skorer karena posisinya adalah sebagai striker. Keduanya kerap kali menjadi penyelamat dan penentu kemenangan bagi timnya.

Sneijder mencetak gol tunggal ke gawang Jepang di babak penyisihan Grup yang membuat Belanda menang dan menjadi tim pertama yang lolos ke babak 16 besar. Dia juga menjadi penentu kemenangan atas Brasil di babak Perempat Final. Di babak Semi Final, golnya ke gawang Uruguay membuat Belanda unggul 2-1 dan akhirnya menang dengan skor 3-2.

Sedangkan Villa menjadi pahlawan Spanyol dengan gol tunggalnya ke gawang lawan, seperti ketika Spanyol bertemu dengan Portugal di babak 16 besar. Kala itu Villa mencetak gol tunggal penentu kemenangan Spanyol di menit ke 63. Di babak Perempat Final, Villa juga mencetak gol tunggal ke gawang Paraguay di menit ke 83 yang membuat Spanyol lolos ke Semi Final.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s