BATIK Cimahi, budaya ASLI Indonesia


BATIK, merupakan karya seni ASLI Indonesia yang hampir dicuri oleh TETANGGA yang ga tau diri😀. Nah, kalo ngaku orang Indonesia harusnya kita bangga dengan adanya batik sebagai salah satu warisan budaya Negara Indonesia. Batik merupakan kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi. Batik berasal dari bahasa Jawa, yaitu ‘amba’ yang artinya menulis dan ‘titik’. Jenis dan corak batik sangat banyak dan tersebar hampir di seluruh daerah Indonesia. Namun, corak dan variasinya tergantung filosofi dan budaya masing-masing daerah tersebut.

Sebagai masyarakat Indonesia (yang ngaku ngacung!! :D), kita harus melestarikan budaya kita tersebut. Salah satu cara yang paling mudah dalam melestarikannya yaitu senang memakai pakaian yang bermotif batik.

Sekarang saya mau sharing corak dan filosofi batik yang ada di Cimahi, tempat saya tinggal sekarang (rada narsis dikit :D). Yuu kita mulai aja.

  1. Motif Batik Cireundeu


    Tema ini mewakili masyarakat adat Kampung Cireundeu, di Leuwigajah, Cimahi Selatan. Sudah 80 tahun lebih warga setempat menjadikan singkong (sampeu) sebagai makanan pokok pengganti nasi. Sehingga motif daun singkong dan ketela mendominasi lukisan pada batik.




  2. Motif Batik Ciawitali


    Merupakan nama sebuah kampung di Kecamatan Cimahi Tengah yang masih banyak ditumbuhi rumpun bambu. Lukisan batik Ciawitali didominasi lukisan bambu beserta anyamannya.

     

     

     

     

  3. Motif Kujang


    Motif ini dipilih sebagai salah satu tema batik khas Cimahi, karena kujang merupakan senjata tradisional khas Jawa Barat. Sekurangnya ada dua motif bertema kujang pada batik Cimahi. Masing-masing rereng kujang dan kujang cakra.




  4. Motif Kuncup


    Motif ini dipilih sebagai salah satu tema batik khas Cimahi, karena kata kuncup diambil dari bunga yang sedang kuncup.

     

     

     

     

     

  5. Motif Anyaman Bambu


    Motif ini dipilih sebagai salah satu tema batik khas Cimahi, karena kata anyaman bambu berarti susunan bambu yang dianyam.


     

     

     

     

  6. Motif Curug Bambu


    Motif ini dipilih sebagai salah satu tema batik khas Cimahi, karena kata curug bambu adalah perpaduan antara nuansa air terjun dan susunan bambu.

     

     

     

     

     

  7. Motif Curug Bambu Singkong


    Motif ini dipilih sebagai salah satu tema batik khas Cimahi, karena kata curug bambu singkong adalah perpaduan antara nuansa air terjun, susunan bambu, dan singkong.

     

     

     

     

  8. Motif Curug Kerikil


    Motif ini dipilih sebagai salah satu tema batik khas Cimahi, karena kata curug kerikil adalah perpaduan antara nuansa air terjun dan kerikil atau batu kecil.

     

     

     

     

     

  9. Motif Daun Sampeu


    Motif ini dipilih sebagai salah satu tema batik khas Cimahi, karena kata daun sampeu adalah berasal dari kata daun singkong.

     

     

     

     

     

    Segini aja yang mau saya tulis. Semoga bermanfaat dan menambah rasa nasionalisme dalam diri kita. Mari mulai sekarang kita lestarikan budaya batik, budaya ASLI INDONESIA !!

     

    Sumber: http://www.lemburbatik.com/

5 thoughts on “BATIK Cimahi, budaya ASLI Indonesia

  1. Sebenarnya unsur filosofi batik dari leluhur kita sangat rumit namun jelas membawa perilaku kehidupan yang berazaskan “kebaikan, kesentaosaan, kesejahteraan, kemakmuran dan kedigjayaan/kesatriaan, silih asih, silih asah, silih asuh”. Terdapat dua unsur motif batik (a) Ornamen Batik (b) Isen-isen Batik. Menurut paham kuno baru dikatakan “batik ” apabila pada motifnya mengandung filosofi arti yang dalam diantaranya (1)Unsur Meru, melambangkan gunung atau tanah yang juga disebut bumi; (2) Unsur Api atau Lidah Api, melambangkan nyala api kehidupan semangat nan tak kunjung padam ; (3) Ular atau Naga melambangkan air atau banyu juga tirta (uddaka), (4) Burung melambangkan angin atau maruta; (5) Garuda atau elar garuda melambangkan mahkota atau penguasa tertinggi yaitu penguasa jagad dan isinya. Kekentalan filosofi ini bukanlah untuk dimitoskan namun nuansa kehidupan realita adalah unsur-unsur tersebut. Keunikan ciri batik memang berbeda-beda namun fundamentalisme kekuatan batik ada pada filosofinya. Sebagai busana (pakaian) batik ibaratnya juga “mahkota” (ageman) maka motif batik sangat selaras dengan kaidah pakem batik sebagai citranya.
    Selamat Berbatik “Batik Cimahi ” kebangganku.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s