Review: Update Android Jelly Bean for Device Sony Xperia P


Akhirnya setelah sekian lama ga update blog, sekarang bisa nulis lagi. Nah, kali ini ane mau nulis sedikit tentang review update OS Android terbaru buat hape ane nih.. Open-mouthed smile

Ini penampakan hapenya..

Nah, pada akhir kuartal pertama tahun 2013 ini (sekitar bulan Maret 2013), Sony menjanjikan akan memberikan update OS terhadap beberapa device nya dan hape ane termasuk di dalamnya.

OS yang dimaksud adalah Android versi 4.1 yang lebih dikenal dengan sebutan Jelly Bean. Setelah menunggu sekitar kurang lebih 1 bulan dari janjinya, akhirnya dapet juga notifikasi mengenai update terbaru ini setelah ane colokin hape ane ke PC via aplikasi Sony PC Companion

Setelah dicek, ternyata software tersebut adalah Jelly Bean (diperoleh dari build numbernya, 6.2.A.0.400)

sumber: build number 6.2.A.0.400

Proses update sendiri berjalan cukup lama, tergantung koneksi. Dan ane menghabiskan waktu sekitar 2 jam. Open-mouthed smile

 

Silahkan ikuti langkah demi langkah yang ada di Sony PC Companion ini, sampai akhirnya hape Anda terinstall OS Android versi Jelly Bean.

Nah, berikut beberapa review singkat dari hape ane setelah diupdate:

Boot Animation

Boot animation yang pada versi sebelumnya (Ice Cream Sandwich) hanya tulisan XPERIA, kali ini di versi Jelly Bean ada tambahan animasi khas Xperia.

Home Screen

Home Screen

Ga ada perubahan yang signifikan dari tampilannya, hanya beberapa icon dari aplikasi bawaan yang berubah.

Tapi ada juga sih perubahannya, dari segi fungsi lebih tepatnya. Jika pada versi sebelumnya hanya tersedia 5 screen di home, pada versi Jelly Bean ini bisa ditambah screen nya.

Adding Home Screen

Untuk menambah screen, caranya bisa dengan melakukan tap and hold di bagian screen yang kosong maka akan muncul tampilan seperti di atas. Atau cara lain adalah dengan melalui Application Screen, tekan Option Menu, pilih Customise.

Customize

Task Manager

Screenshot_2013-04-24-23-30-37

Task manager nya jadi model sidebar gitu sekarang, untuk end task nya sama tinggal swipe left/right aja.

Screen Transition

Screenshot_2013-04-25-07-28-22

Untuk ini sendiri adalah animasi saat perpindahan screen di home, ada efek cube gitu pas pindah screen nya.

Notification Bar Screen

Notif Bar Screen

Ga jauh beda juga notif barnya ama versi ICS, cuma ada tambahan toggle untuk sound, bluetooth, wifi, ama mobile data. Jadi lebih gampang sekarang buat aktifin semuanya, tinggal slide down aja, selesai deh.. Open-mouthed smile

Power Button

Power Button

Untuk power button ini, aa tambahan menu Take screenshot. Jika pada versi sebelumnya menekan tombol power + volume down secara bersama, sekarang dengan menekan tombol power bisa pilih take screenshot. Tapi cara lamanya masih bisa dipake ko kalo memang belum terbiasa dengan yang ini. Smile

Aplikasi Baru

Ada beberapa fitur baru juga di versi JB ini. Salah satunya adalah adanya Google Now. Aplikasi Google Now ini memunkinkan kita mendapatkan informasi yang tepat di waktu yang tepat. Silahkan baca review lengkap mengenai fitur ini di sini.

Google Now

Google Now

Card Widget

Card Widget

Benchmark

Benchmark

Kalo dibenchmark, hasilnya agak turun sih. Tapi mungkin ini karena hape ane uda penuh aplikasi juga.. Open-mouthed smile Ini ane benchmarknya pake aplikasi Antutu.

Mungkin segitu dulu aja kali ya, belum banyak ngulik juga ini hape.. Open-mouthed smile

Klo ada update nanti ane tulis lagi deh Smile. Kalo ada yang mau nanya2 juga boleh, selagi ane bisa jawab ya ane jawab.. Open-mouthed smile

Uda dulu ya, makasih uda mau ngunjungin dan mau baca. Ditunggu komentarnya Smile

44 thoughts on “Review: Update Android Jelly Bean for Device Sony Xperia P

    • Cara update ada 2, offline (pake flashtool) dan online (langsung dr aplikasi Sony PC Companion).
      Update online tidak akan berpengaruh terhadap aplikasi, jadi data dan aplikasi akan tetap ada.
      Sedangkan jika update offline, akan menghapus semua data dan aplikasi yg tersimpan di memory telepon.

  1. wondev says:

    Bro,,
    Gw mw nnya,, waktu upgrade jd v.s jelly bean apakah aplikasi ato data” yang udah ada pada hilang ?? tks infonya

  2. afed says:

    Gan, hp sony x p ane kn dh 1 thn nc sejak pembelian blm ada upgrade jd msh OS v.r 2.3 trus klo ane upgrade bs lgsng ke v.r 4.1 / jelly bean gk ya ?

  3. lisa says:

    gan, mau tanya nih. setelah di update jelly bean, pengoperasian androidnyanya jadi lemot ga atau ada masalah lain gitu? atau justru ga ada masalah? thanks gan sebelumnya

    • Lemot atau tidak, itu tergantung dari aplikasi yang terinstall di devicenya, semakin banyak aplikasi, semakin banyak pula konsumsi RAMnya, maka tentu akan membuat kerja device semakin berat yang akhirnya jadi lemot (ngelag).
      Kalau dari saya sendiri sih, ga banyak aplikasi yang diinstall. Perbedaan dari versi ICS, batre lebih irit.

  4. tonny fathona dahnil says:

    gan, mohon pencerahan ya.
    rencana ane emang mau pakek xperia P sih mungkin awal bulan.
    tapi gmana ya, seandai nya ane beli yang gk ada garansi resmi nya.
    apa bisa di upgrade os nya gan.

    terus kalo bisa ane minta no telf agan ya, mau nanya nanya nih.

  5. saya selalu stuck pada saat proses updatenya,, bisa dibantu ga? jadi pas diminta mematikan handset dan menunggu 5 detik sebelum dihubungkan kembali ke usb di PC sambil menekan dan menahan tombol volume down, tidak ada proses lg,,sampai berapa lama saya harus menekan tombol volume down nya? tks atas bantuannya

  6. priyo adi laksono says:

    gan punyaku udah jelly bean.pada aplikasi kamera kok ada yang dihilangkan ya.kayak 3d panorama dan yang lainnya yang sebelumnya ada di ics.punya agan jg gitu nggak.

  7. priyo adi laksono says:

    satu lagi gan.gimana ya caranya agar bravia enginenya jd bravia engine 2 trs aplikasi kameranya bs rubah jd cyber shot

  8. tenri says:

    iya nehh samai di step 2 aja, tekannya sampe hp nyala, tapi msih gitu2 aja, nunggu skitar 10 menit, gak ada perubahan, msih di step 2 aja.

    • Untuk versi di blog ini (6.2.A.0.400), memang itu adalah bugs firmware. Namun, pihak Sony telah melakukan pembaharuan dengan firmware terbaru yaitu versi 6.2.A.1.100 dan masalah wifi ini sudah tidak ada lagi. Jadi, solusinya adalah update kembali ke versi terbaru.🙂

  9. Rachmat says:

    permisi bro?? ane mau numpang tanya,,
    hp ane juga sama ne kaya ente,,
    knapa ya? album foto di hp ane kalo di buka ga kbaca file nya,, apa ente pernah mengalami sbelum nya,, mungkin ane bisa ente bantu sdikit???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s