Cara Membaca Binary Clock


Masih nyambung nih ama postingan sebelumnya. Di Android JB untuk Xperia P ada yang baru tuh, namanya Binary Clock. Ini penampakannya:

Binary Clock

Pasti bingung kan gimana cara baca jamnya? Surprised smile Awalnya ane juga bingung, tapi setelah dipelajari lebih lanjut, akhirnya bisa ketemu deh caranya. Mau tau? Cekidot gan.. Open-mouthed smile

1. Pelajari konversi dari angka biner ke angka desimal

Perlu diketahui, angka biner itu cuma kenal 0 dan 1. Nah, untuk konversi ke angka desimal, angka 0 dan 1 tersebut dikali dengan bilangan 20, 21, 22, 23, 24, dst. Kenapa 2? karena angka biner itu angka yang berbasis 2. Tapi di sini, kita ga akan ngebahas secara harfiah konversi biner ke desimal, kita cuma pake bilangan pengali nya doang. Simple kan? Open-mouthed smile

Nah, di binary clock tersebut kan ada 4 tingkat tuh, jadi kita pake 20 sampai 23. Artinya 1, 2, 4, dan 8.

Picture1

2. Bagi 3 segmen

Apa sih maksudnya bagi 3 segmen? Nah, dalam waktu itu kan ada 3 bagian yaitu Jam, Menit, dan Detik. Kita bagi deh binary clock itu jadi 3.

Picture2

H: penunjuk jam,

m: penunjuk menit,

s: penunjuk detik.

3. Cara baca lampu

Uda sedikit kebayang kan? Smile Di setiap segmen itu kan ada 2 baris tuh, itu adalah untuk membaca angka puluhan dan satuan di dalam waktu. Yang sebelah kiri adalah puluhan, yang kanan itu satuannya.

Nah, tinggal dibaca deh lampu yang nyalanya. Untuk lampu yang mati, tidak usah dibaca alias 0. Untuk yang nyala, jumlahkan saja. Seperti contoh di sini, untuk penunjuk jam bagian puluhan adalah 0 (lampu ga ada yang nyala) dan satuannya adalah 9 (lampu yang nyala 1 dan 8, dijumlah saja).

Untuk penunjuk menit, puluhannya 3 (yg nyala 1 dan 2) dan satuannya 3 (yg nyala 1 dan 2). Untuk penunjuk detik, angka puluhannya adalah 0 (ga ada lampu yg nyala) dan satuannya 6 (yang nyala lampu 4 dan 2).

Jadi, untuk waktu pada contoh di sini menunjukkan pukul 09:33:06. Untuk detik pastinya akan berubah terus Open-mouthed smile

Cukup mudah bukan membaca binary clock ini? Open-mouthed smile Selamat mencoba, dan ditunggu komentarnya. Smile

6 thoughts on “Cara Membaca Binary Clock

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s