Mengenal Istilah Umum bagi Pengguna Smartphone berbasis Android


“.A.N.D.R.O.I.D.

        Tentunya kata tersebut sudah tidak asing lagi di telinga kita. Ya, salah satu Sistem Operasi Open Source ciptaan Google, Inc. tersebut sekarang sudah menjadi makanan sehari-hari hampir bagi seluruh kalangan masyarakat. Dari mulai anak kecil sampai orang dewasa, semuanya tahu mengenai kata tersebut.

        Namun, apakah semua yang tahu tersebut mengenal lebih jauh istilah lain yang berada di balik kata “ANDROID” tersebut? Ya memang tidak wajib tahu sih, mungkin ini istilah yang biasa bagi seorang pengembang (developer) aplikasi, atau bagi yang suka utak atik smartphone Androidnya. Tapi tidak ada salahnya juga kita berbagi pengetahuan mengenai hal tersebut. Memangnya apa saja istilah lain itu? Mari kita bahas sedikit Smile

Firmware

        Apa itu firmware? Makanan sejenis apakah itu? Open-mouthed smile. Firmware, merupakan Read-Only Operating System yang bersifat tetap dan pengguna tidak memiliki hak akses untuk melakukan perubahan apa pun terhadap setiap data yang tersimpan di dalam Firmware. Tapi, mungkin ga sih, kita sebagai pengguna melakukan perubahan atau modifikasi data di dalam firmware? Jawabannya, sangat mungkin sekali, namun bukan dengan cara normal dan tidak semua orang bisa dan mampu melakukannya. Paling tidak, harus mengenal atau lebih jauh lagi, menguasai bahasa mesin atau lebih dikenalnya dengan bahasa assembling Smile. Selain itu, diperlukan juga hardware atau software khusus untuk melakukan modifikasi data di dalam firmware tersebut.

ROM

        Apalagi nih ROM? Surprised smile ROM, yang merupakan singkatan dari Read-Only Memory, mengacu pada media penyimpanan dari sebuah perangkat yang berisi data dari Operating System. Selama penggunaan normal, pengguna tidak perlu mengubah data apapun di dalamnya. Sifat data yang tersimpan dalam ROM ini adalah non-rewriteable atau tidak dapat ditulis ulang (diedit, ditimpa), hal ini bertujuan untuk memastikan tidak ada perubahan yang dilakukan pada instruksi di dalam ROM karena bisa membuat perangkat Android Anda tidak berfungsi. Konsep ini berbeda dengan yang terdapat di dalam media penyimpanan rewriteable lain seperti Harddisk, Solid State Drive, USB Flashdisk yang memungkinkan hak akses penuh terhadap kegiatan read/write data.

        Kedua istilah Firmware dan ROM pada dasarnya mengacu pada hal yang sama dan dapat digunakan bergantian bila diterapkan pada perangkat tertentu. Atau bisa juga begini, ROM dan Firmware adalah tempat dimana operating system yang berjalan di handphone kita diinstall atau ditaruh.

        Ada 2 jenis ROM, yaitu Stock ROM dan Custom ROM. Stock ROM adalah firmware resmi yang dibuat oleh developer dari vendor smartphone nya. Sedangkan Custom ROM adalah firmware hasil modifikasi dari firmware resmi tersebut, yang dibuat oleh sekelompok orang.

Flashing

        Istilah berikutnya adalah Flashing. Nah, apa itu flashing? Pernah dengar istilah install ulang komputer atau laptop? Sama saja gais Open-mouthed smile, dalam dunia smartphone, kegiatan menginstall ulang firmware dikenal dengan istilah flashing. Lalu, kenapa harus melakukan proses flashing? Tentunya ketika sebuah smartphone sudah digunakan setiap hari dan dalam waktu yang lama, ada beberapa fungsi yang berjalan tidak semestinya. Nah, untuk mengembalikan ke keadaan semula seperti ketika kita membeli smartphone tersebut, dilakukan lah proses flashing agar smartphone kita kembali segar dan fitur-fiturnya dapat kembali berfungsi dengan baik sebagaimana mestinya Smile.

Rooting

        Istilah rooting ini merupakan proses untuk mendapatkan hak akses user administratif dari Sistem Operasi di smartphone yang kita gunakan sehingga kita bisa bebas memodifikasi data di dalamnya, tentunya dengan resiko yang ditanggung sendiri. Pada dasarnya, Android merupakan Sistem Operasi yang Open Source, artinya pengguna sudah bisa melakukan modifikasi. Namun, agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, pihak pengembang awal membatasi hak akses tersebut kepada pengguna awal ketika membeli smartphone baru. Lalu, Agar bisa memperoleh hak akses kita kembali, kita perlu kuncinya, dan kunci tersebut adalah yang kita sebut dengan proses rooting.

        Kenapa sih harus diroot? Sebenernya ga harus sih, jika yang kita gunakan masih dalam kegiatan sehari-hari, ya ga perlu diroot. Tapi jika kita ingin hal yang lebih, dengan akses root kita bisa mengontrol penuh smartphone kita. Keuntungannya setelah root apa? Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, dengan akses root kita bisa mengontrol penuh smartphone kita. Apa saja yang bisa dilakukan? Banyak, misalnya kita bisa melakukan tweaking yaitu proses untuk meningkatkan performa smartphone kita dengan mengoptimalkan kinerja dari RAM atau Prosesor. Juga kita bisa mengontrol penggunaan Internal Storage yang biasanya menjadi permasalahan karena kapasitasnya yang terbatas. Setelah memperoleh hak akses root, semua aplikasi bisa kita paksa untuk diinstall di external card (SD Card), tidak lagi diinstall di Internal Storage, sehingga Internal Storage kita kapasitas ruang kosongnya masih bisa tersisa banyak.

        Dan masih banyak lagi yang bisa kita lakukan setelah kita melakukan proses rooting ini. Bagi yang suka mengutak atik Androidnya, proses rooting ini adalah hal wajib yang pertama dilakukan setelah membeli smartphone Android. Smile

CWM

        CWM adalah singkatan dari ClockWork Mod, yang merupakan recovery mode yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga memiliki fungsi yang lebih banyak dari recovery mode standard yang sudah ada dalam sistem Android. Untuk dapat menginstall CWM ini, harus dilakukan rooting terlebih dahulu. Apakah aplikasi CWM ini penting? Dan apa kegunaannya?

        Ya, sangat penting sekali, terutama yang suka mengutak atik sistem Androidnya. Kegunaan dari aplikasi ini adalah dapat melakukan backup sistem, internal storage, dan menyimpannya ke dalam sd card. Bagi yang suka ganti-ganti firmware dan ketika ingin kembali ke ROM yang diinginkan, kita tinggal melakukan restore, tanpa harus flash ulang dan install banyak aplikasi lagi.

Modding

        Merupakan proses modifikasi dari aplikasi yang sudah ada sebelumnya. Proses modifikasi ini perlu keahlian programming dan perlu software tertentu untuk bisa melakukannya. Hal ini tidak harus dilakukan, namun cukup tau saja Smile. Yang paling banyak dilakukan adalah hanya menginstall mod aplikasi yang sudah ada saja. Aplikasi yang biasa dimodif kebanyakan adalah aplikasi sistem dan beberapa aplikasi yang sudah ada di PlayStore. Cara menginstall mod aplikasi sistem, cukup install saja dari CWM.

Kernel

        Ini adalah bagian akhir dari pembahasan kita pada kesempatan kali ini Open-mouthed smile. Kernel merupakan inti dari sebuah Sistem Operasi yang berfungsi sebagai penghubung antara hardware dengan software. Tugas kernel yaitu untuk menangani Driver, Power Management, dll. Kernel pada Android dapat juga dimodifikasi, namun tidak bisa sembarangan kita mengganti kernel, tapi harus yang sesuai atau yang direkomendasikan oleh developer dari Custom ROM yang kita gunakan.

        Pada saat kita menginstall Custom ROM, biasanya sudah termasuk modifikasi dari kernelnya. Namun, ada beberapa smartphone yang mengunci kernelnya, jadi kita hanya bisa mengganti ROMnya tanpa mengganti kernel. Misalnya, pada smartphone Xperia, agar dapat mengganti kernel dibutuhkan satu proses lagi yaitu unlock bootloader.

 

Demikian saja, secara singkat saya bahas sedikit mengenai istilah-istilah yang banyak digunakan dan perlu diketahui oleh pengguna smartphone berbasis Android. Sampai jumpa di artikel saya selanjutnya Smile

Artikel di blog ini bersumber dari:

http://portal.paseban.com/article/3178/pengertian-rom

http://tipsand-trik.blogspot.com/2014/03/pengertian-flashing-firmware-dan-root-android-dll.html

http://www.hanivinside.net/2014/02/firmware-rom-dan-kernel-di-android.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s