Bedanya Nol {0} dengan Kosong {}, yang BENAR "Nol delapan satu …, BUKAN "Kosong delapan satu …"


Hai sobat Smile, beberapa waktu lalu ada yang unik nih terlintas di pikiran saya. Yaitu, perbedaan ‘Nol” dengan “Kosong”. Selama ini, jika kita dimintai nomor handphone kita, seringkali kita menyebutnya dengan “Kosong delapan satu …”. Padahal, itu salah kaprah teman Open-mouthed smile.

Mengapa? Bukannya nol sama dengan kosong?

Hoho, tidak sobat. Nol dengan Kosong adalah berbeda. Di mana perbedaannya? Mari kita simak.

Dalam ilmu Matematika, kosong merupakan himpunan yang tidak memiliki anggota. Istilah lain untuk kosong ini adalah NULL, Nihil, dan sejenisnya. Dilambangkan dengan {}. Sedangkan, nol merupakan sebuah angka yang dilambangkan dengan 0. Dalam garis bilangan, 0 terletak di antara 1 dan –1. Jadi jelas, jika himpunan kosong, tidak memiliki anggota sedangkan pada himpunan nol, memiliki anggota yaitu angka 0.

Dalam ilmu lain, yaitu Bahasa Indonesia, menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), nol merupakan bilangan yang dilambangkan dengan 0. Contoh kalimatnya: suhu terendah di daerah ini adalah nol derajat Celcius. Sedangkan kosong menurut KBBI, berarti tidak berisi. Contoh dalam penggunaan kalimat: Rumah ini sudah lama kosong, Peti kosong itu digunakan tikus untuk bersarang.

Jadi, sudah jelas ya perbedaannya, antara Nol dengan Kosong? Hot smile Jangan salah nyebut lagi ya mulai sekarang Winking smile

Yap, cuma segini aja ko isi tulisan kali ini hhe Smile. Semoga bisa mudah dipahami ya Fingers crossed. Sampai jumpa lagi sobat! Be right back

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s