Mengenal Paste Special (bagian 2) | Microsoft Office Excel 2013


Hai Open-mouthed smile

Kali ini saya akan melanjutkan tulisan saya sebelumnya yang terakhir ditulis pada 20 April 2011 (lama banget y? Rolling on the floor laughing) Tapi belum basi ko tulisannya, masih bisa dinikmatin sekarang Nyah-Nyah.

Sebelumnya, saya uda nulis sedikit tentang fitur Paste Special yang ada di aplikasi Ms. Office Excel versi 2010, tulisan tersebut bisa dilihat pada link berikut:

https://dhanz3rd.wordpress.com/2011/04/20/mengenal-paste-special-bagian-1-microsoft-office-excel-2010/

Sekarang, yaitu lanjutannya tapi versi yang dipake adalah versi 2013. Ga masalah ko, fitur sebelumnya juga bisa dipake di versi terbaru ini Smile. yu cekidot Auto

Pertama, kita siapkan Data Sourcenya. Kita samain aja ya kaya sebelumnya biar ga bingung Smile

image

Kolom pertama kita isikan dengan urutan angka dari 1 – 4.

Kolom dua sampai delapan kita isikan angka acak biasa.

Kolom berikutnya kita isikan dengan formula untuk menghitung jumlah (SUM) dari kolom dua sampai delapan, dengan format cell Currency (abaikan saja kenapa harus currency, hanya untuk contoh perbandingan saja).

Kolom selanjutnya kita isikan dengan formula untuk mencari nilai MAX dari kolom dua sampai delapan, dengan format cell Number dua desimal.

Dan kolom terakhir kita isikan dengan formula untuk mencari nilai MIN dari kolom dua sampai delapan, dengan format cell Fraction.

Lakukan block (drag) di tabel source tersebut, lalu tekan kombinasi tombol keyboard Ctrl + C untuk proses salin (copy).

Sebelumnya, kita sudah menggunakan fitur Paste di Paste Special. Nah, sekarang kita coba bagian Paste Values dan bagian Other Paste Options. Bagi yang lupa posisi Paste Special, tempatnya ada pada bagian Ribbon Menu Home > Clipboard > Paste.

image

Paste Values

Setelah kita melakukan proses copy, simpan kursor di sebelah kanan table source (agar terlihat perbedaannya). Untuk Paste Values sendiri ada 3 jenis, yaitu (dari kiri ke kanan) Values, Values & Number Formatting, dan Values & Source Formatting. Pada Paste Special > Paste Values ini, yang kita salin HANYA values atau nilainya saja, tanpa mengikutsertakan formula di dalam Cellnya. Kamu bisa lihat buktinya pada bagian Formulla Bar, maka tidak ada formula yang tertulis melainkan hanya nilainya saja.

Values

Paste Special ini akan menghasilkan salinan yang hanya values atau nilainya saja, tanpa formula dan format cell.

image

Values & Number Formatting

Paste Special ini akan menghasilkan salinan berupa values atau nilai pada cell yang disalin beserta format cellnya yg berupa Format Number.

image

Values & Source Formatting

Paste Special ini mirip dengan yang sebelumnya dijelaskan, namun yang disalin selain Format Number, juga border pada Cellnya ikut disalin juga.

image

Biar makin penasaran, uda dulu aja ya bagian kali ini Laughing out loud. Sampai jumpa di bagian 3 atau bagian terakhir dari pengenalan fitur Paste Special pada aplikasi Ms. Office Excel ini.

Tapi kalo mau coba sendiri juga ga apa-apa Nyah-Nyah. See you Be right back

One thought on “Mengenal Paste Special (bagian 2) | Microsoft Office Excel 2013

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s