Cara Mengatasi USB Power Consumption Error Saat Menggunakan Fitur USB On-the-Go pada Perangkat Android


Sudah tahukan teman-teman tentang fitur USB On The GO di smartphone?

Ya, fitur ini merupakan fitur yang memungkinkan perangkat smartphone kalian dapat membaca sebuah perangkat Flash Drive secara langsung melalui port micro USB yang ada pada perangkat smartphone kalian. Yang akan kita bahas di sini adalah smartphone Android ya Open-mouthed smile Fitur ini tidak dimiliki oleh semua perangkat Android. Kita perlu mengetahui spesifikasi dari perangkat yang kita miliki, apakah memiliki fitur ini atau tidak.

Cara menghubungkannya bisa dengan OTG Cable, atau dengan perangkat Flash Drive yang sudah mempunyai interface micro USB. Kebetulan, saya punya keduanya. Mari kita lihat sebagai contoh.

OTG Cable

Ini adalah Flash Drive yang sudah umum di pasaran. Untuk dapat terhubung dengan perangkat Android, perlu tambahan konektor berupa OTG Cable, yang banyak juga dijual di pasaran melalui jalur online shop.

 

DSC_0454

Kalau yang ini adalah jenis Flash Drive yang sudah memiliki interface micro USB, sehingga dapat dengan langsung dihubungkan ke perangkat Android kita tanpa perlu tambahan konektor berupa OTG Cable.

 

Agar dapat terbaca, sebuah perangkat Flash Drive membutuhkan power (daya) paling tidak sebesar 100mA-500mA yang diambil dari sumber daya perangkat Android kita, dalam hal ini yang dimaksud adalah daya dari battery. Nah, ada beberapa perangkat Android yang membatasi konsumsi daya untuk fitur OTGnya, hanya sebesar 100mA. Mengapa demikian? Ini disebabkan karena kapasitas battery pada perangkat Android tersebut yang kecil sehingga pihak vendor membatasi konsumsi daya pada fitur OTGnya. Sedangkan, di luaran sana terdapat Flash Drive yang membutuhkan daya yang lebih besar dari 100mA.

Lalu, bagaimana kita mengetahui daya yang dibutuhkan sebuah Flash Drive? Jika memiliki PC, cukup melihatnya melalui [Device Manager]. Sebagai contoh, kedua Flash Drive yang saya miliki, membutuhkan daya masing-masing 100mA dan 500mA.

power-otg-errorpower-otg-ok

 

 

 

 

 

 

Perangkat Android yang saya miliki adalah SONY Xperia P. Perangkat Android ini memiliki kapasitas battery yang sangat kecil, yaitu hanya 1265mAh. Jadi, batas maksimum daya yang diperbolehkan untuk menggunakan fitur OTG ini hanya 100mA. Tentunya akan bermasalah jika Flash Drive yang dihubungkan adalah Flash Drive yang membutuhkan daya 500mA.

Jika tidak memiliki PC, langsung saja coba hubungkan Flash Drive ke perangkat Android yang Anda miliki. Jika daya yang dibutuhkan lebih besar dari daya yang diperbolehkan, maka akan muncul pemberitahuan yang tertulis USB power consumption error. Artinya, perangkat Android Anda sebenarnya mendukung fitur OTG ini, namun dayanya tidak cukup untuk membaca Flash Drive.

Notification of USB power consumption error

Bagaimana solusinya? Syarat utama adalah perangkat Android Anda HARUS sudah berada dalam keadaan ROOTED! Cara root setiap perangkat SUDAH PASTI BERBEDA. Silahkan cari referensi lain untuk mengetahui cara root perangkat Android yang Anda miliki.

Setelah dipastikan perangkat Android Anda sudah dalam keadaan ROOTED, unduh dan pasang aplikasi Terminal Emulator yang tersedia GRATIS di Google PlayStore. Dalam keadaan Flash Drive yang terhubung ke Android, buka aplikasi terminal kemudian ketikkan:

  • su (enter) –> tekan tombol enter ya, bukan tulis enter
  • echo –n 1 > /sys/bus/usb/devices/1-1/bConfigurationValue (enter)

Terminal Emulator

Jika berhasil, maka akan muncul pemberitahuan yang tertulis USB storage connected. Dan Flash Drive Anda bisa terbaca di perangkat Android.

Notification of USB connected

Ketika membuka Explorer, maka sudah terlihat adanya Drive [usbdisk].

USB devices on Explorer

Ada beberapa catatan PENTING yang perlu diketahui perihal tutorial ini, di antaranya:

  1. Cara ini tidak permanen, jadi harus dilakukan berulang kali setiap menghubungkan Flash Drive yang bermasalah dengan konsumsi daya ini.
  2. Ketika Flash Drive terhubung dengan perangkat Android, maka daya pada battery smartphone akan semakin cepat habis. Hal ini disebabkan karena Flash Drive yang terhubung membutuhkan daya agar bisa dibaca, dan daya tersebut berasal dari baterai smartphone Anda. Jadi DILARANG mengeluh “Kenapa setelah pakai fitur OTG, baterai jadi cepat habis?”.
  3. SELALU lakukan perintah Unmount USB storage melalui [Settings] > [Storage] pada smartphone Anda jika ingin mencabut Flash Drive dari smartphone.

Demikian tutorial ini saya buat, semoga bermanfaat Winking smile

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s